Rabu, 30 Maret 2016

Mengatasi Gatal-gatal ketika Kehamilan


Keluhan gatal pada kehamilan biasanya terjadi saat usia kandungan memasuki trimester ke-3. Soalnya, pada trimester akhir perut bunda sedang besar -besarnya, sebagai akibatnya kulit perut meregang aporisma dan ini menimbulkan rasa gatal.

Gatal-gatal ini terdapat yg kasusnya ringan dan berat. Sebagian besar sih ringan menjadi imbas dari bergejolaknya hormon kehamilan. Pada sebagian besar perkara, gatal-gatal akan hilang beserta sendirinya setelah persalinan.

Untuk meredakan gatal-gatal tadi, calon mak sanggup coba beberapa tip sederhana ini:

- pakai sabun mandi yang ringan kandungan kimiawinya atau memliki kadar pH rendah. Sabun bayi serta sabun organik umumnya tidak mengandung detergen atau pun pewangi serta mempunyai kadar pH seimbang yang baik bagi kulit.

- Hindari mandi beserta air hangat lantaran akan menciptakan kulit semakin kering serta gatal-gatal semakin kuat.

- Mandi oatmeal. Menurut American Academy of Dermatology, oatmeal diketahui mempunyai kemampuan menormalkan pH kulit. Selain itu, kandungan zat besi, tembaga, selenium, dan niasin pada oatmeal jua bermanfaat dalam menutrisi kulit. Tambahkan beberapa sendok oatmeal ke dalam bak mandi, kemudian berendamlah selama beberapa menit supaya nutrisi terserap ke kulit.

- Oleskan losion atau pelembab tanpa pewangi atau baby oil dalam kulit buat menjaga kelembabannya. Pilih losion atau krim penghilang stretch marks yg tidak mengandung alkohol, karena kandungan alkohol berpotensi menciptakan kulit kemarau.

- Selain menggunakan losion atau krim spesifik, ibu hamil jua sanggup memakai minyak zaitun buat dioleskan di area stretch marks yg terasa gatal.

- Letakkan kompres dingin pada area yang terasa gatal alih-alih menggaruknya.

- tidak menggaruk area stretch marks atau bagian kulit yg terasa gatal. Percaya atau nir, menggaruk sesungguhnya tidak mengurangi rasa gatal, akan tetapi justru menciptakan stretch marks bertambah besar dan menimbulkan luka dalam kulit.

- Kenakan pakaian berbahan katun yang menyerap keringat dan longgar.

- Minum banyak air, minimal 8 gelas sehari buat menjaga kelembaban kulit.

- apabila gatal-gatal nir bisa ditanggulangi dengan losion, dokter akan menolong merespkan obat oles golongan kortikosteroid yg aman. Bila upaya ini tidak efektif jua, bunda hamil akan diresepkan obat alergi yg aman jua untuk janin.

2 komentar:

  1. Bagusnih buat calon istri ane ntar :v

    BalasHapus
  2. makasih infonya gan, kebetulan bini juga lagi hamil hehe

    BalasHapus